Memahami Dashboard WordPress untuk Pemula

Panduan Dashboard Wordpress

Ketika Anda pertama kali masuk ke WordPress, Anda akan disambut dengan tampilan antarmuka yang dikenal sebagai “Dashboard”. Bagi pemula, Dashboard WordPress mungkin tampak membingungkan dengan banyaknya menu dan fitur. Namun, dengan pemahaman yang benar, Anda akan menemukan bahwa Dashboard ini dirancang dengan intuitif dan mudah untuk dikelola. Artikel ini akan membantu Anda mengenali dan memahami setiap elemen pada Dashboard WordPress sehingga Anda dapat memaksimalkan penggunaan situs Anda dengan mudah.

1. Overview Dashboard

Setelah Anda login, halaman pertama yang Anda lihat adalah Dashboard utama. Di sini, Anda akan melihat berbagai widget seperti “Sekarang”, “Komentar Terkini”, “Draf Terkini”, dan “Aktivitas”. Widget-widget ini memberikan ringkasan cepat tentang apa yang terjadi pada situs Anda.

2. Menu Sisi Kiri

Di sisi kiri Dashboard, ada menu vertikal yang menghubungkan Anda ke semua fitur utama WordPress:

a. Postingan:
Di sini Anda bisa menulis, mengedit, dan mengatur postingan Anda.

b. Media
Mengelola semua gambar, video, dan dokumen yang Anda unggah.

c. Halaman
Membuat dan mengedit halaman statis seperti “Tentang Kami” atau “Kontak”.

d. Komentar
Melihat dan mengatur komentar yang masuk.

e.Tampilan
Mengubah tema, widget, dan menu situs Anda.

f. Plugin
Menambahkan, mengaktivasi, atau menonaktifkan plugin untuk menambahkan fungsi tambahan ke situs Anda.

g. Pengguna
Mengelola akun pengguna yang memiliki akses ke situs Anda.

h. Alat
Alat tambahan seperti impor atau ekspor konten situs.

i. Pengaturan
Mengatur konfigurasi dasar situs Anda seperti judul, waktu, dan pengaturan komentar.

3. Memahami At Glance

Widget “Sekarang” memberi Anda gambaran singkat tentang konten situs Anda. Anda dapat melihat berapa banyak postingan, halaman, dan komentar yang ada di situs Anda.

4. Aktualisasi dan Pembaruan

Memastikan WordPress, tema, dan plugin Anda selalu diperbarui adalah langkah penting dalam menjaga keamanan situs. Di bagian “Pembaruan”, Anda dapat melihat pembaruan yang tersedia dan menginstalnya dengan beberapa klik.

5. Komentar dan Moderasi

Bagian “Komentar” memungkinkan Anda untuk melihat semua komentar yang masuk, baik yang disetujui, dalam antrian moderasi, atau ditandai sebagai spam. Dari sini, Anda dapat dengan cepat menyetujui, menjawab, mengedit, atau menghapus komentar.

6. Plugin dan Fungsionalitas

Plugin adalah salah satu fitur paling powerful dari WordPress. Melalui menu “Plugin”, Anda dapat menambahkan fungsionalitas baru ke situs Anda, seperti formulir kontak, galeri foto, atau SEO tools.

7. Tampilan dan Personalisasi

Bagian “Tampilan” adalah di mana Anda bisa mengganti tema situs Anda, menyesuaikan tampilannya dengan Customizer, mengatur widget, dan mengatur menu navigasi.

8. Pengaturan dan Konfigurasi

Pada menu “Pengaturan”, Anda memiliki akses ke pengaturan inti situs Anda. Anda dapat mengubah judul situs, slogan, zona waktu, format tanggal, dan banyak lagi. Pastikan untuk menjelajahi setiap sub-menu untuk memahami semua opsi yang tersedia.

Kesimpulan

Dashboard WordPress adalah pusat kontrol untuk situs Anda. Dengan memahami setiap elemen dan fiturnya, Anda dapat memaksimalkan potensi situs Anda dan menjadikannya seefisien mungkin. Untuk pemula, memang mungkin tampak sedikit membingungkan pada awalnya, namun dengan waktu dan praktek, Anda akan menjadi mahir dalam mengelola dan memodifikasi situs Anda dengan mudah melalui Dashboard WordPress.