Cara Install WordPress di CPanel dengan Softaculous

Cara install wordpress

Memiliki website saat ini bukan lagi menjadi kemewahan, tetapi sudah menjadi kebutuhan, terutama bagi mereka yang ingin memiliki platform digital untuk mempromosikan bisnis atau kegiatan lainnya. WordPress adalah salah satu platform CMS (Content Management System) yang paling populer di dunia. Dengan kelebihannya yang user-friendly dan fleksibilitas tinggi, tak heran jika WordPress menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Salah satu cara paling mudah untuk menginstall WordPress adalah melalui CPanel dengan bantuan Softaculous. Dalam artikel ini, kita akan membahas step-by-step bagaimana cara install WordPress di CPanel menggunakan Softaculous.

Pengenalan Softaculous

Sebelum masuk ke proses instalasi, perlu diketahui bahwa Softaculous adalah auto installer yang memudahkan kita untuk menginstall aplikasi web hanya dengan beberapa klik saja. Dengan adanya Softaculous, proses instalasi WordPress di CPanel menjadi lebih sederhana dan cepat.

Langkah-langkah Install WordPress di CPanel dengan Softaculous:

1. Login ke CPanel Anda
Sebelum memulai, pastikan Anda sudah memiliki akses ke CPanel hosting Anda. Biasanya, informasi akses ini diberikan oleh penyedia hosting saat Anda membeli paket hosting.

2. Cari Softaculous di CPanel
Setelah berhasil login ke CPanel, gulir ke bawah dan temukan ikon Softaculous. Biasanya, ikon ini berada di bawah kategori “Software” atau “Softaculous Apps Installer”.

3. Pilih WordPress
Setelah masuk ke dashboard Softaculous, Anda akan melihat berbagai jenis aplikasi yang bisa diinstall. Cari dan pilih WordPress dari daftar tersebut.

4. Klik Tombol ‘Install Now’
Setelah memilih WordPress, Anda akan dibawa ke halaman detail instalasi. Di sini, Anda hanya perlu klik tombol ‘Install Now’ untuk memulai proses instalasi.

5. Isi Detail Situs Anda
Sebelum proses instalasi dimulai, Softaculous akan meminta beberapa informasi tentang situs Anda, seperti nama situs, deskripsi, username, password, dan alamat email. Pastikan untuk mengisi semua informasi ini dengan benar. Untuk keamanan, sebaiknya gunakan kombinasi username dan password yang unik.

6. Pilih Direktori Instalasi
Jika Anda ingin menginstall WordPress di root domain (contoh: www.namasitusanda.com), biarkan kolom “In Directory” dalam keadaan kosong. Namun, jika Anda ingin menginstall di subdirektori (contoh: www.namasitusanda.com/blog), maka tuliskan nama subdirektori di kolom tersebut.

7. Lakukan Instalasi
Setelah semua informasi diisi dengan benar, klik tombol ‘Install’ di bagian bawah halaman. Proses instalasi akan berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit, tergantung pada kecepatan server dan koneksi internet Anda.

8. Selesai
Setelah proses instalasi selesai, Anda akan mendapatkan informasi tentang URL situs dan URL dashboard WordPress Anda. Catat informasi ini dengan baik.

Kesimpulan

Menginstall WordPress di CPanel dengan Softaculous memang sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di atas dengan teliti untuk memastikan proses instalasi berjalan dengan lancar. Setelah berhasil menginstall, Anda dapat mulai mendesain situs Anda, menambahkan konten, dan melakukan optimasi lainnya untuk memastikan situs Anda berfungsi dengan maksimal.

Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh Softaculous, bahkan pemula sekalipun bisa memiliki situs WordPress tanpa harus memiliki keahlian teknis khusus. Jadi, jika Anda belum memiliki situs atau blog berbasis WordPress, saatnya untuk memulai dan memanfaatkan keunggulan yang ditawarkan oleh platform CMS ini. Selamat mencoba!